9 Cara Berhenti Merokok yang Paling Efektif

Cara berhenti merokok yang paling efektif. Banyak orang berusha keras untuk berhenti merokok, tetapi pada akhirnya mereka kembali lagi. Jangan sampai terjadi pada anda! Berikut ini saya punya beberapa tips yang insyaallah efektif agar anda dapat berhenti merokok secepat mungkin.


Selanjutnya untuk dapat berhenti merokok dengan segera, anda perlu memastikan 9 hal sederhana berikut dapat anda lakukan:



1. sadari alasan mengapa anda ingin berhenti merokok. Apabila anda tidak memiliki alasan yang cukup kuat, ini akan lebih susah. Jadi tugas pertama dan paling penting buat anda sekarang adalah: Cari satu alasan paling kuat sebagai motivasi untuk berhenti merokok; bisa karena anak, isteri, alasan kesehatan, keuangan, agama dan lain sebagainya.
2. cari minimal 20 alasan penunjang mengapa anda harus berhenti merokok. Tulis di selembar kertas, tempelkan di salah satu tembok rumah yang sering anda lihat dan lalui. Semakin sering anda melihat daftar alsan kuat tersebut akan semakin tipis keinginan untuk merokok.
3. Buat kontrak dengan keluarga dekat, tentang keinginan anda untuk berhenti merokok dan selalu minta mereka untuk senantiasa mengingatkan anda.
4. Jangan pernah menyimpan dan membawa korek api dan asbak.
5. Kunyahlah permen karet atau cemilan lain setiap kali anda memiliki keinginan untuk merokok. Pastikan mulut anda mengunyah sesuatu untuk mengalihkan perhatian otak akan rokok.
6. Apabila desakan untuk merokok semakin kuat, cobalah mengambil nafas panjang, minum segelas air dingin dan beranjak ke tempat lain.
7. Setiap kali anda berkeinginan membeli rokok, masukkan uang tersebut ke dalam satu tempat (kaleng atau sejenisnya). Setiap bulannya, uang yang terkumpul bisa dibelikan hadiah untuk diri anda sendiri atas prestasi yang luar bisa menahan diri dari rokok.
8. Pelajari dan baca-baca referensi tentang bahaya merokok. Semakin anda tahu banyak tentang rokok, akan semakin mudah anda membenci aktifitas merokok. Praktekkan sebanyak mungkin strategi, metode dan cara-cara berhenti merokok.
9. Berdoalah agar Allah memudahkan usaha anda untuk berhenti merokok.

Insyaallah kalau dijalani sunggung-sungguh, hal ini akan lebih ringan. Semoga sembilan cara berhenti merokok ini dapat berhasil dan membuat anda lebih bangga, lebih sehat juga bermanfaat untuk orang disekitar anda. Aamiin! Ajaklah sebanyak mungkin orang untuk dapat berhenti merokok dan jadilah inspirasi bagi orang lain.